SEKRETARIAT DEWAN

Senin, 06 Januari 2020 | 17:05:20 WIB | Dibaca: 526 Kali


TEST

SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN BENGKULU UTARA

A. KEDUDUKAN, TUGAS DAN FUNGSI SEKRETARIS DPRD

1. KEDUDUKAN

Kedudukan Sekretariat DPRD berdasarkan  Peraturan Bupati Bengkulu Utara Nomor 39 tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Tata Kerja dan Eselon Jabatan Sekretariat DPRD Bengkulu Utara Tipe B merupakan Perangkat Daerah yang menyelenggarakan unsur pelayanan administrasi dan pemberian dukungan terhadap tugas dan fungsi DPRD Kabupaten Bengkulu Utara.

2. TUGAS

Sekretariat DPRD mempunyai tugas pokok menyelenggarakan administrasi kesekretariatan dan keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD Kabupaten Bengkulu Utara, serta menyediakan dan mengoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD Kabupaten Bengkulu Utara dalam melaksanakan hak dan fungsinya sesuai
dengan kebutuhan.

3. FUNGSI

Sekretariat DPRD kabupaten dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsinya :

a. Penyelenggaraan administrasi kesekretariatan DPRD Kabupaten Bengkulu Utara;

b. Penyelenggaraan administrasi keuangan DPRD Kabupaten Bengkulu Utara;

c. Fasilitasi penyelenggaraan rapat DPRD Kabupaten Bengkulu Utara; dan

d. Penyediaan dan pengkoordinasian tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD Kabupaten Bengkulu Utara.

B. STRUKTUR ORGANISASI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN BENGKULU UTARA

Sekretariat DPRD dipimpin oleh Sekretaris DPRD. Adapun struktur Sekretariat DPRD Kabupaten Bengkulu Utara terdiri atas:

1. Bagian Persidangan dan Peraturan Perundang – Undangan, membawahi:

a. Sub Bagian Risalah;

b. Sub Bagian Persidangan; dan

c. Sub Bagian Legislasi dan Peraturan Perundang-undangan.

2. Bagian Umum dan Humas, membawahi:

a. Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian;

b. Sub Bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga; dan

c. Sub Bagian Protokol, Dokumentasi dan Publikasi.

3. Bagian Keuangan, membawahi :

a. Sub Bagian Penganggaran;

b. Sub Bagian Pembukuan dan Pelaporan; dan

c. Sub Bagian Verifikasi dan Perbendaharaan.

4. Kelompok Jabatan Fungsional, terdiri dari:

a. Jabatan Fungsional keahlian; dan/atau

b. Jabatan Fungsional Keterampilan.

 

SEKRETARIS DPRD KABUPATEN BENGKULU UTARA

Sekretariat DPRD dipimpin oleh Sekretaris DPRD. Adapun tugas sekretaris DPRD adalah:

1. Menyelenggarakan administrasi kesekretariatan

2. Menyelenggarakan administrasi keuangan

3. Mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD; dan

4. Menyediakan dan mengoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD dalam melaksanakan fungsinya sesuai dengan kebutuhan.

Sekretaris DPRD dalam melaksanakan tugasnya secara teknis operasional bertanggung jawab kepada pimpinan DPRD dan secara administratif bertanggung jawab kepada kepala daerah melalui sekretaris Daerah.

Komentar Facebook