Bagian Keuangan

Senin, 06 Januari 2020 | 17:58:54 WIB | Dibaca: 422 Kali


KEPALA BAGIAN KEUANGAN

BAGIAN KEUANGAN

Bagian Keuangan  dipimpin oleh seorang Kepala Bagian Keuangan. Bagian ini  mempunyai tugas pokok menyelenggarakan sebagian tugas pokok sekretariat DPRD di bidang  urusan penganggaran, verifikasi dan perbendaharaan serta pembukuan dan laporan. Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, Bagian keuangan menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

  1. Pengumpulan bahan, penyusunan, perubahan dan penghitungan anggaran belanja Sekretariat dan DPRD;
  2. Penyelenggaraan administrasi keuangan sekretariat dan DPRD;
  3. Pengujian kebenaran bukti pembayaran dan penyiapan surat perintah membayar (SPM); dan
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan.

Adapun Bagian Keuangan, membawahi:

1. Sub Bagian Penganggaran:

Sub Bagian Penganggaran dipimpin oleh Kepala Sub Bagian Penganggaran. Adapun tugas pokok Sub Bagian ini adalah melaksanakan urusan pengumpulan bahan penyusunan anggaran belanja sekretariat dan DPRD. Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, Sub Perlengkapan dan Rumah Tangga menyelenggarakan fungsi :

a. Menganalisa bahan perencanaan keuangan Sekretariat DPRD ;

b. Melaksanakan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) Sekretariat DPRD;

c. Menghimpun dan menyusun perubahan anggaran belanja sekretariat dan DPRD;

d. Menghimpun dan menyusun perubahan anggaran belanja sekretariat dan DPRD;

e. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan.

 

2. Sub Bagian Pembukuan dan Pelaporan:

Sub Bagian Pembukuan dan Pelaporan dipimpin oleh Kepala Sub Bagian Pembukuan dan Pelaporan. Adapun tugas pokok Sub Bagian ini adalah menyelenggarakan pembukuan dan pelaporan keuangan sekretariat DPRD. Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, Sub ini menyelenggarakan fungsi :

a. Menghimpun bahan, penyusunan laporan realisasi anggaran serta neraca Sekretariat DPRD;

b. Menyusun laporan penyelenggaraan pemerintah daerah untuk sekretariat daerah

c. Menyusun laporan Akuntabilitas Kinerja instansi pemerintah untuk Sekretariat DPRD;

d. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan pada Sekretariat DPRD; dan

e. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan.

 

3. Sub Bagian Verifikasi dan Perbendaharaan

Sub Bagian Verifikasi dan Perbendaharaan dipimpin oleh Kepala Sub Bagian Verifikasi dan Perbendaharaan. Adapun tugas pokok Sub Bagian ini adalah menyiapkan Surat Perintah Membayar (SPM), menguji
kebenaran pembayaran, penagihan dan penyelesaian masalah perbendaharaan. Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, Sub ini menyelenggarakan fungsi :

a. Melaksanakan pemeriksaan terhadap realisasi anggaran Sekretariat DPRD ;

b. Meneliti kebenaran penagihan dan penyiapan Surat Perintah Membayar (SPM); dan

c. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan

Komentar Facebook